Selasa, 05 Desember 2023

BPBD Lombok Utara Sosialisasikan Desa Tangguh Bencana (DESTANA)


Pada hari Selasa tanggal 05 Desember 2023, BPBD Kabupaten Lombok Utara melaksanakan sosialisasi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) bertempat di Kantor Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lombok Utara ini dilaksanakan selama 2 hari, Selasa & Rabu tanggal 05 – 06 Desember di Aula Kantor Desa Anyar.

Kegiatan sosialisasi DESTANA oleh BPBD Kabupaten Lombok Utara dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkat, BPD, LPM, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Perempuan.


Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang program pemerintah yaitu Desa Tangguh Bencana dimana program DESTANA ini merupakan sebuah program unggulan BPBD Provinsi NTB dalam upaya mitigasi bencana atau upaya untuk mengurangi resiko bencana dan salah satu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana.

Kegiatan ini juga diharap mampu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi resiko bencana dan dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya serta pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan resiko bencana.

DESTANA juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan resiko bencana, meningkatkan kerjasama antara pemangku kepentingan dalam pengelolaan resiko bencana diantaranya pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harga BBM, 1 April 2024 di SPBU Pertamina

Dikutip dari kompas.tv , PT. Pertamina memutuskan untuk tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual di seluruh Indonesia pada ...